10 Obat Sakit Gigi Tradisional Mudah Dibuat Dan Ampuh

Sakit gigi adalah suatu rasa nyeri yang terjadi di daerah sekitar gigi dan rahang yang disebabkan oleh beberapa hal sehingga menyebabkan adanya kerusakan pada gigi. Menurut beberapa informasi kesehatan dari para ahli, sakit gigi yaitu suatu gejala ringan dari penyakit jantung dan stroke. Oleh sebab itu anda harus waspada apabila anda mengalami masalah tersebut.

Apabila sesorang terserang sakit gigi, maka hal tersebut akan membuat penderita sakit gigi tersebut akan mengalami beberapa hal, seperti kepala terasa pusing, mudah sekali marah apabila situasi sekitar sangat gaduh, dan mereka tidak bisa memusatkan perhatian pada satu tujuan. Sakit gigi biasanya disebabkan oleh kerusakan pada gigi, gigi yang keropos, gigi retak dan penyakit gusi.

Pada umumnya penyebab sakit gigi adalah terdapatnya sebuah bakteri pada gigi yang lama kelamaan bisa membuat gigi menjadi berlubang. Namun yang terjadi dalam beberapa kasus sakit gigi bisa terjadi karena gusi mengalami pembengkakan dan terinfeksi sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri pada rahang dan gigi.

10 Obat Sakit Gigi Tradisional Mudah Dibuat Dan Ampuh

Obat Sakit Gigi Tradisional Dan Alami


Berikut ada 10 macam obat sakit gigi tradisional dari bahan alami  beserta cara pengobatannya yang bisa anda coba dan anda pilih salah satunya :

1. Bawang putih
Bahan : bawang putih 1 butir
Cara pengobatan :  kupaslah pada kulit bagian luar bawang putih, lalu tumbuk hingga halus, setelah itu tempelkan bawang putih yang di tumbuk tadi pada gigi luar  yang sakit. Anda ajuga bisa mengunya bawang putih yang masih utuh dan mentah, setelah itu kunyah sampai beberapa menit. Lalu buang agar bakteri pada gigi akan mati.

2. Daun ingu kering
Bahan : 2 sampai 4 gram daun ingu yang kering dan 2 gelas air bersih ukuran sedang
Cara pengobatan : campurkan bahan tadi kedalam panci dan rebuslah sampai mendidih. Setelah selesai saringlah rebusan tadi, lalu tunggu hangat. Kemudiam gunakan air rebusan daun ingu tadi untuk berkumur beberapa kali.

3. Cengkeh dan daun sirih
Bahan : siapkan daun sirih dan cengkeh secukupnya
Cara pengobatan : campurlah kedua bahan lalu rebuslah, setelah itu anda bisa menggunakannya berkumur untuk beberapa kali. Apabila anda merasa belum bisa untuk membuat ramuan ini, anda bisa membeli obat kumur ini di pasar.

4. Minyak batok kelapa
Bahan : siapkan batok kelapa dan kapas secukupnya
Car pengobatan : bakarlah batok kelapa tadi hingga batok kelapa tersebut keluar minyaknya. Setelah itu ambillah minyak batok kelapa tadi dengan menggunakan kapas, lalu tempelkanlah pada gigi yang sakit.  Reaksi obat ini cukup cepat, dapat dipastikan rasa sakit pada gigi anda akan cepat hilang dalam waktu beberapa menit.

5. Bunga matahari dan jahe
Bahan : siapkan bunga matahari 50 gram, jahe 5 gram dan air 600cc
Cara pengobatan : campurlah bahan bahan tadi lalu rebuslah hingga mendidih dan air hingga tersisah 300 cc. lalu saringlah air pada rebusan tadi dan minumlah selagi hangat.

6. Minyak cengkeh
Bahan : minyak cengkeh secukupnya
Cara pengobatan : anda bisa meneteskan minyak cengkeh tadi pada gigi yang terasa sakit dengan cara menggunakan kapas. Apabila rasa sakit sudah hilang maka segeralah berkumur dengan air hangat.

7. Biji jarak china
Bahan : siapkan 1 butir biji jarak china dan 1 gelas air panas
Cara pengobatan : tumbuklah biji jarak china tadi sampai halus. Lalu campurkan pada segelas air panas dan aduklah. Setelah itu saring airnya lalu tunggu agar airnya dingin, setelah itu gunakan air saringan tersebut untuk berkumur.

8. Asam jawa
Bahan : siapkan biji asam jawa secukupnya
Cara pengobatan : sangrai atau gorenglah tanpa minya biji asam jawa tersebut, lalu tumbuk hingga halus. Setelah selesai masukan biji asam jawa tadi pada kain, setelah itu gosokan pada gigi yang berlubang.

9. Teh hangat tanpa gula
Bahan : segelas teh hangat tanpa diberi gula
Cara pengobatan : gunakanlah air teh untuk berkumur, lalu biarkan dulu sampai 15 menit. Kemuydian letakna kantung teh bekas pada gusi agar bisa meringankan peradangan.

10. Daun cengkeh
Bahan : siapkan daun cengkeh secukupnya
Cara pengobatan : cucilah daun cengkeh tersebut lalu masukan pada segelas air panas, kemudian lumatkan daun cengkeh tersebut. Saringlah air yang dicampur daun cengkeh tadi. Anda bisa menggunakan kain halus untuk menyaringnya. Setelah itu ambil kapas dan tempelkan pada air hasil perasan daun cengkeh lalu tempelkan pada gigi yang berlubang.

Baca juga : 7 tips diet menurutkan berat badan secara alami

Itulah tadi 10 macam obat sakit gigi secara alami dan tradisional. Semoga artikel ini membantu anda dalam permasalahn sakit gigi yang sedang anda alami. Namun alangkah baiknya anda juga bisa menemui dokter gigi untuk memeriksakan keadaan dan kesehatan gigi anda agar cepat diketahui permasalahnnya dan  secepatnya bisa diatasi.

Related Posts: