5 Obat Tradisional Ampuh Mengatasi Sakit Telinga

5 Obat Tradisional Ampuh Mengatasi Sakit Telinga

Tips kesehatan – Telinga adalah salah satu panca indra manusia yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan sehari hari yang bermanfaat untuk alat pendengaran dan menjaga keseimbangan tubuh. Namun telinga ketika menjalankan fungsinya tidak semuanya berjalan baik, terkadang juga pernah mengalami gangguan dan kelainan. Dari salah satu penyakit telinga paling umum yaitu telinga terasa berdengung atau tinnitutis. Menurut sumber informasi kesehatan, penyakit telinga bisa disebabkan oleh gejala penyakit lain misalnya seperti tumor otak, infeksi, eksim pada liang telinga, abses gusi dan akibat kotoran telinga.

Setiap bagian pada telinga mempunyai fungsi masing masing untuk mendengar dengan baik, jika pada salah satu bagian telinga bermasalah maka akan membuat pendengaran kita menjadi terganggu. Gejala yang terjadi pada sakit telinga biasanya pendengaran berkurang, terasa nyeri dan telinga mengeluarkan cairan pada telinga yang berupa nanah. Jika terjadi rasa sakit pada telinga jika dibiarkan akan membuat sakit telinga bertambah parah, anda harus segera mengatasinya untuk meringankan rasa sakit dan menyembuhkannya. Oleh sebab itu cara alami dan tradisional mengobati sakit telinga bisa anda coba dibawah ini.

5 Obat Tradisional Ampuh Mengatasi Sakit Telinga



Obat Tradisonal Ampuh Mengatasi Sakit Telinga


Berikut ini cara tepat untuk mengatasi sakit telinga secara alami dan tradisional yang bisa anda coba, antara lain :

1. Menggunakan minyak zaitun
Manfaat dari minyak zaitun yaitu dapat mengatasi dan mengobati sakit telinga, selain itu minyak zaitu juga dapat menjaga kecantikan serta menjaga kesehatan tubuh kita. Untuk cara menggunakan minyak zaitun sebagai obat sakit telinga sangat mudah, yaitu dengan menghangatkan beberapa tetes minyak zaitun lalu setelah hangat anda bisa meneteskannya pada telinga yng sakit atau mengalami infeksi. Lakukan cara tersebut dengan teratur hingga sakit telinga yang anda derita kunjung sembuh.

2. Menggunakan bawang merah
Kegunaan bawang merah sudah tidak diragukan lagi dalam pengobatan, karena kandungan anti bakteri pada bawang merah mampu melawan bakteri penyakit dan salah satunya yaitu sakit telinga. Untuk membuat obat sakit telinga dari bawang merah yaitu cukup dengan menghaluskan beberapa buah bawang merah dan beri sedikit campuran air. Nah kalo sudah jadi anda tinggal melakukan pengobatannya saja, apabila sakit telinga yang diderita adalah pembengkakan maka anda bisa langsung mengoleskan tumbukan tadi ke telinga yang sakit agar rasa sakit yang anda derita berkurang.

3. Menggunakan kunyit

Cara yang berikut ini juga sangat mudah dan mampu untuk mengatasi sakit telinga, yaitu dengan bahan kunyit, biji mahoni serta daun iler. Untuk cara pembuatnnya adalah pertama anda harus menghaluskan ketiga bahan tadi lalu siapkan minyak wijen sebanyak 3 sendok dan campurkan semua bahan terus panaskan. Setelah semua selesai anda bisa mendinginkannya dulu baru kemudian anda bisa meneteskan ramuan tadi pada telinga yang sakit.

4. Menggunakan madu
Bukan rahasia lagi dalam ilmu kesehatan kalau madu sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan dan salah satunya adalah bermanfaat untuk menjaga kesehatan telinga. Cara penggunaannya juga sangat mudah untuk mengobati sakit telinga, anda cukup menyiapkan madu dan air putih. Jika kedua bahan sudah siap anda bisa mencampurkan kedua bahan tadi lalu untuk mengobati telinga yang sakit anda tinggal meneteskan ramuan tadi ke telinga anda yang sakit, cukup mudah bukan.

5. Menggunakan bawang putih
Bahan alami yang satu ini sama halnya dengan bahan alami bawang merah, karena bawang putih juga mengandung sifat antibiotik yang mampu untuk mengatasi sakit telinga. Bawang putih bisa anda dapatkan dengan mudah, didapur anda pasti sudah tersedia. Untuk cara pengguaannya yaitu dengan mencuci bersih bawang putih lalu rebus hingga mendidih, setelah itu saringlah rebusan tadi dan pisahkan antara air dan minyak bawang putih. Anda bisa menggunakan minyak bawang putih untuk mengobati telinga yang sakit dengan cara meneteskan minyak bawang ptuih pada telinga anda yang sakit, hal tersebut agar infeksi pada telinga sembuh dan membaik.

Baca juga : 7 cara alami ampuh atasi tekanan darah rendah

Nah itu tadi 5 obat tradisional ampuh mengatasi sakit telinga yang dipercaya ampuh untuk mengatasi sakit telinga, anda bisa mencoba cara diatas apabila anda menderita sakit telinga. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gejala penyakit telinga jik anda mau berusa dan mencoba. Sekian dari artikel ini dan semoga memberi solusi dan manfaat untuk anda semua.

Share this:

Newest Post
Disqus Comments