8 Dampak Bahaya Akibat Kelebihan Protein Pada Tubuh

8 Dampak Bahaya Akibat Kelebihan Protein Pada Tubuh

Protein pada tubuh – Pada dasarnya protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan otot serta pembuatan sel darah merah. Terkadang banyak orang yang membatasi asupan karbohidrat serta asupan lemak agar berat badan mereka bisa turun sehingga asupan protein mereka konsumsi lebih banyak melebihi asupan karbohidrat dan lemak untuk dijadikan sebagai tenaga. Jika tubuh kekurangan protein maka hal tersebut sangat merugikan kesehatan hingga mengakibatkan komplikasi hingga berdampak buruk terhadap kesehatan.

Tubuh sangat membutuhkan protein, jika tubuh kita kekurangan protein maka dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah, anemia, fungsi otak menurun dan akan sulit untuk tidur. Menurut pakar informasi kesehatan ada beberapa makanan yang memiliki kandungan protein antaralain seperti daging, ikan, telur, biji bijian, susu,dan jenis sayuran. dari jenis makanan tersebut banyak mengandung protein seimbang yang dapat menjadi penopang bagi kesehatan, namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi protein karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

8 Dampak Bahaya Akibat Kelebihan Protein Pada Tubuh


Dampak Bahaya Akibat Kelebihan Protein Pada Tubuh


Berikut ini dampak buruk yang akan ditimbulkan jika kelebihan mengkonsumsi protein, diantaranya :


1. Berat badan akan meningkat
Jika kelebihan mengkonsumsi protein maka akan berdampak pada meingkatnya berat badan, oleh karena itu konsumsi protein setiap harinya sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. berikut ini hal yang menyebabkan berat badan naik serta cara untuk menurunkan berat badan.

2. Dapat merusak hati dan otak
Kelebihan protein bisa berbahaya dan dapat mengakibatkan kerusakn pada organ otak dan hati serta dapat membuat racun menumpuk dalam hati. Jika racun tersebut terlalu banyak maka dapat menyebabkan rusaknya aliran darah yang ada didalam tubuh hingga fungsi hati dan otak akan menjadi tak seimbang.

3. Kolesterol meningkat
Makanan yang bersumber dari hewan banak mengandung protein, sehingga protein tersebut dapat menyebabkan kolesterol. Penyebab yang terjadi jika mengalami kolesterol maka dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Terutama bagi anda yang sedang diet atau menurunkan berat badan harus lebih waspa terhadap gejala tersebut. Kolesterol yang tinggi juga bisa berakibat pada gejala darah tinggi.

4. Menyebabkan kerusakan ginjal
Fungsi ginjal adalah menyaring semua limbah atau zat yang dihasilkan oleh organ lain. Apabila mengkonsumsi protein terlalu banyak maka dapat membuat ginjal bekerja lebih berat lagi. Sehingga akan banyak limbah buangan dari protein yang akan disaring oleh ginjal. Hal tersebut dapat ditemukan oleh orang yang mengkonsumsi protein hewani terlalu sering.

5. Dapat menyebabkan dehidrasi
Jika seseorang mengkonsumsi protein dengan jumlah yang banyak maka akan mengakibatkan kekurangan cairan atau dehidrasi. Tubuh akan bekerja lebih berat dalam pembangunan jaringan jika kelebihan protein, hal tersebutlah yang membuat tubuh membutuhkan air dengan jumlah banyak. Jika konsumsi mineral tidak banyak maka dapat menyebabkan dehidrasi.

6. Membuat jumlah kalsium menjadi rendah
Jika protein pada tubuh terlalu tinggi maka akan menyebabkan produksi asam menjadi tinggi. Apabila produksi asam pada tubuh terlalu tinggi maka akan menyebabkan tulang akan menyerap kalsium menjadi rendah.hal tersebut akan membuat tubuh kekurangan kalsium hingga mengakibatkan resiko penyakit tulang dan penyakit lain yang berhubungan dengan kalsium tubuh.

7. Menyebabkan resiko kanker
Apabila sering mengkonsumsi protein dari berbagai jenis sumber hewan maka bisa meningkatkan gejala kanker. Lemak akan menumpuk yang berasal dari sumber protein dan akan memicu munculnya radikal bebas dan tumbuh pada sel normal yang menjadi kanker.

8. Resiko asam urat
Mengkonsumsi protein dengan jumlah terlalu tinggi dapat menyebabkan gejala asam urat. Apalagi mengkonsumsi protein yang berasal dari hewan hal tersebut akan meningkatkan gejala asam urat lebih tinggi lagi karena protein dari hewan mengandung banyak lemak yang bisa meningkatkan jumlah kolesterol.

Baca juga : 8 jenis makanan sehat untuk tubuh

Itulah tadi 8 dampak bahaya akibat kelebihan protein pada tubuh jika tidak dikonsumsi dengan benar dan seimbang sehingga membahayakan kesehatan. Sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat untuk anda semua dan memberi informasi yang akurat.

Share this:

Disqus Comments