8 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara alami

8 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara alami

Darah tinggi adalah sebuah penyakit naiknya tekanan darah yang disebabkan oleh menyempitnya pembulu darah sehingga mengakibatkan tertimbunnya lemak serta zat zat lain. Darah tinggi bisa kita ketahui dengan cara mengontrol tekanan darah. Apabila anda diagnosa memiliki gejala darah tinggi mungkin anda akan gelisah tentang cara pengobatan yang harus anda lakukan. Namun jangan khawatir karena masih banyak cara pengobatan  secara alami yang bisa anda coba. Setidaknya rubahlah gaya hidup anda agar anda jauh dari gejala darah tinggi. Tekanan darah tinggi jika lama kelamaan dibiarkan dan tidak di obati maka bisa mengakibatkan serangan jantung koroner, oleh sebab itu alangkahnya baiknya jika kita selalu menjaga kesehatan kita. Banyak sekali tips kesehatan yang bisa kita pelajari agar kesehatan kita selalu terjaga.

8 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara alami


Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami


Berikut ini ada beberapa tips yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, diantaranya :

1. Menurunkan berat badan
Meningkatnya berat badan juga mempengaruhi meningkatnya tekanan darah tinggi. Namun sebaliknya jika anda bisa menurunkan berat badan anda maka gejala darah tinggi juga semakin menurun, hal tersebut sangat efektif. Usahakan untuk menghilangkan lemak yang ada pada lingklar pinggang di tubuh anda, karena jika lemak pada lingkar pinggang semakin menumpuk maka resiko darah tinggi akan semakin lebih besar.

2. Berolahraga secara teratur
Usahakan setiap harinya luangkan waktu 30 sampai 60 menit untuk melakukan olahraga. Lakukan secara teratur karena hal tersebut sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu olahraga secara teratur juga dapat menyehatkan organ tubuh lainnya sehingga tubuh selalu sehat jauh dari penyakit.

3. Mengkonsumsi makanan yang sehat
Jika anda sedang mengalami darah tinggi alangkah baiknya untuk mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi. Makanan tersebut antara lain sayuran, biji bijian, buah buahan serta susu rendah lemak. Usahakan untuk merubah pola makan anda karena hal tersebut sangat efektif untuk menurunkan darah tinggi.

4. Mengurangi natrium pada menu makan
Mengurangi natrium pada menu makan dapat menurunkan tekanan darah tinggi, maka dari itu batasi natrium setiap harinya dengan kadar 2300 mg.

5. Hindari meminum alkohol
Alkohol sangat merugikan kesehatan, lebih banyak sisi negativnya dari pada sisi positifnya. Selain itu mengkonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu hindari mengkonsumsi alkohol.

6. Hindari merokok
Selain merugikan kesehatan tubuh, merokok juga dapat menyebabkan darah tinggi. Nikotin pada rokok bisa meningkatkan tekanan darah sekitar 10 mm Hg. Selain merokok anda juga harus menghindari asap rokok, supaya tidak terhirup. Menghirup asap rokok juga bisa mempengaruhi kesehatan.

7. Kurangi kafein
Minuman kafein selain bermanfaat untuk kesehatan kafein juga mempunyai efek tidak baik untuk kesehatan. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa minuman yang berkafein bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Jika anda mengalami darah tinggi alangkah baiknya untuk menghidari minuman kafein.

8. Kurangi stres
Jika anda adalah seseorang yang sibuk dan selalu berfikir, alangkah baiknya apabila anda meluangkan waktu untuk mengurangi berfikir. Karena terlalu banyak aktivitas dan sering berfikir dapat menyebabkan stres, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan gejala tekanan darah tinggi. Maka dari itu seringlah beristirahat agar stres tidak menghampiri anda.

Baca juga : 8 cara alami menghilangkan panu dengan cepat

Itulah tadi 8 tips menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang bisa anda coba. Jangan pernah menganggap remeh kesehatan terutama gejala darah tinggi karena hal tersebut dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain. Atasilah segera mungkin dengan tips diatas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua, sekian terimakasih.

Share this:

Disqus Comments