17 Gejala Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

17 Gejala Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Akibat kutrang tidur – Tidur adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang diwaktu malam hari. Mungkin anda tidak akan percaya jika seseorang mengalami kurang tidur maka akan berdampak buruk bagi kesehatan hingga menimbulkan kematian. Tubuh manusia membutuhkan istirahat dimalam hari serta agar pikiran bisa tenang karena setelah seharian beraktivitas sehingga tubuh akan terasa capek dan lemas. Tidur pada jam yang tepat dimalam hari akan membuat tubuh kita menjadi lebih bugar keesokan harinya diwaktu pagi hari.
Menurut informasi kesehatan, manusia membutuhkan tidur hingga 8 jam untuk kalangan orang dewasa, namun untukasih kecil mereka membutuhkan tidur dengan waktu yang lebih banyak di banding orang dewasa. Terkadang orang kurang tidur pada malam hari dikarenakan beberapa hal, misalnya menonton televisi, ngobrol dengan teman dan kegiatan yang lainnya. Hal tersebut sangat merugikan kesehatan apabila di lakukan hingga larut malam. Berikut ini dampak dari seseorang jika kurang tidur pada malam hari.

17 Gejala Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan


Gejala Akibat Kurang Tidur bagi Kesehatan


Inilah 17 gejala dan dampak buruk bagi kesehatan akibat kurang tidur pada waktu malam hari, diantaranya :

1. Membahayakan nyawa
Bagi anda yang memiliki aktifitas berkaitan dengan berkendara, ada baiknya jika anda memiliki waktu istirahat dimalam hari dengan tidur yang cukup. Apabila anda kurang tidur maka hal tersebut sangat membahayakan nyawa anda ketika sedang berkendara, hal itu disebabkan oleh tidak focus ketika mnyetir kendaraan akibat mengantuk. Kualitas tidur yang rendah akan berdampak pada kecelakaan disaat beraktifitas.

2. Konsentrasi menjadi turun
Akibat kurang tidur bisa membuat seseorang menjadi tidak konsentrasi ketika sedang berfikir. Hal tersebut bisa membuat seseorang stress ketika sedang berfikir namun tidak konsentrasi. Ada baiknya jika anda yang masih pelajar atau pegawai yang setiap harinya sering berfikir untuk tidak tidur malam.

3. Menimbulkan berbagai macam penyakit
Kurang tidur akan berakibat buruk untuk kesehatan pada tubuh kita, sehingga tubuh sangat rentan terkena berbagai jenis penyakit, misalnya strok, jantung, hipertensi hingga diabetes.

4. Mempengaruhi emosional
Kurang tidur bisa mempengaruhi emosional anda. misalnya seperti sering marah tanpa sebab yang jelas, sering mengalami stress saat melakukan aktifitas dan sering kelihatan murung.

5. Kesehatan kulit dan mata terganggu
Kurang tidur berdampak buruk pada kesehatan mata dan kulit. Akibatnya kulit akan kelihatan pucat dan kusam. Kulit akan kelihatan kerutan dan pada kantung mata akan keliatan membengkak.

6. Daya ingat menurun
Efek kurang tidur akan membuat daya ingat menjadi berkurang, seseorang akan sering lupa.

7. Mengakibatkan kegemukan
Ada banyak orang yang berpendapat bahwa kurang tidur bisa membuat orang menjadi kurus. Namun hal tersebut salah total, dikarenakan ketika seseorang tidak tidur diwaktu malam makan keinginan makan mereka akan meningkat tajam, perut merasa lapar. Sehingga mereka akan makan atau ngemil dan hal tersebut dapat menjadi kegemukan pada tubuh.

10 Gejala lainnya akibat kurang tidur

- Memicu terjangkitnya serangan jantung koroner
-.Resiko diabetes meningkat
- Daya tahan tubuh menjadi lemah
- Meningkatkan resiko penyakit kanker
- Dapat mengakibatkan stress yang berlebihan
- Menyebabkan depresi
- Resiko terserang penyakit stroke
- Gairah seks menurun
- Suhu tubuh rendah
- Meningkatkan resiko kematian

Baca juga : 10 tips hidup sehat dan awet muda

Itulah tadi akibat jika seseorang kurang tidur yang berdampak buruk pada kesehatan. Sayangi tubuh anda dan mulailah untuk hidup sehat dan teratur mulai dari sekarang. Sekian dari artikel tentang 17 gejala akibat kurang tidur bagi kesehatan dan semoga memberi manfaat untuk anda semua.

Share this:

Disqus Comments