6 Cara Cepat Menurunkan Demam Tinggi

6 Cara Cepat Menurunkan Demam Tinggi

Tips cepat menurunkan demam – Setiap orang pasti pernah mengalami gejala demam, entah itu demam tinggi atau demam ringan. Ketika kita sedang mengalami demam maka tubuh kita akan terasa lemas. Tips sehat agar suhu tubuh cepat turun maka tentunya kita akan melakukan pengobatan. Demam yang terjadi pada seseorang berasal dari tubuh yang terjangkit infeksi sehingga akan timbul demam pada tubuh. Namun anda harus waspada karena demam juga bisa berasal dari penyakit lain, seperti demam berdarah, tipes dan penyakit jenis lainnya.

Dalam jangka waktu 1 hingga 2 hari kita sudah bisa mengetahui penyebab dari demam. Jika anda merasa khawatir akan demam yang timbul pada tubuh anda, solusi yang baik anda juga memeriksakan ke dokter tentang gejala demam yang timbul, apakah karena penyakit lain atau memang karena kondisi tubuh yang kurang baik. demam biasaya sering menyerang anak anak karena kondisi tubuh mereka yang rentan akan penyakit dan kekebalan tubuh mereka masih lemah. Anda juga perlu waspada apabila suhu tubuh anda diatas 38 derajat karena hal tersebut bisa membuat tubuh kejang kejang.

6 Cara Cepat Menurunkan Demam Tinggi


Cara Cepat Menurunkan Demam Tinggi


Berikut ini ada beberapa cara untuk menurunkan gejala demam tinggi dengan cepat dan aman, antara lain :

1. Perbanyak mengkonsumsi air putih
Manfaat minum air putih sangat banyak, salah satunya yaitu untuk menghilangkan dan mengatasi dehidrasi ketika demam. Jika banyak minum air putih juga akan menyebabkan sering buang air kecil hal tersebut dapat membantu untuk meredahkan demam dengan cepat.

2. Mengkompres dengan air hangat
Salah satu cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan meredahkan demam tinggi adalah dengan mengkompres dengan air hangat lalu diletakan diatas dahi. Anda bisa melakukan hal ini secara rutin sampai demam menjadi turun.

3. Mandi dengan air hangat
Banyak orang mengatakan kalau sedang demam tidak boleh mandi karena bisa bertambah parah demamnya. Tetapi mandi dengan menggunakan air hangat sangat membantu utnuk meredahkan dan menurunkan demam. Setelah mandi menggunakan air hangat demam akan semakin berkurang serta tubuh juga menjadi segar.

4. Berada di ruangan yang sejuk
Dengan berada di ruangan dengan kondisi yang sejuk maka kondisi suhu badan akan menurun. Jika kondisi ruangan terlalu panas hal tersebut kurang baik karena bisa membuat suhu tubuh juga menjadi panas. Maka aturlah suhu ruangan anda pada kondisi yang sejuk.

5. Mengolesi kaki dengan bawang putih
Tenyata bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan suhu badan yang tinggi karena demam. Caranya yaitu  menghaluskan bawang putih lalu dicampur dengan minyak kelapa. Setelah itu oleskan pada tubuh dengan sampai semalaman, Pada besok harinya demam akan turun.

6. Istirahat yang cukup
Dengan memperbanyak istirahat daya tahan pada tubuh akan meningkat serta dapat memulihkan kondisi tubuh menjadi baik. Sehingga istirahat sangat baik untuk menurunkan demam dengan cepat.

Baca juga : 5 cara ampuh menambah tinggi badan secara alami

Itulah tadi beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika anda atau keluarga anda sedang mengalami demam. Sekian dari arikel 6 cara cepat menurunkan demam tinggi, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Share this:

Disqus Comments