8 Cara Alami Menghilangkan Panu Dengan Cepat

8 Cara Alami Menghilangkan Panu Dengan Cepat

Cara alami menghilangkan panuSolusi kesehatan untuk mencegah dan menghilangkan panu secara alami dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan bahan disekitar kita. Banyak sekali hal hal yang bisa  kita lakukan dengan memanfaatkan bahan bahan yang ada disekitar kehidupan kita tanpa kita sadari, salah satunya yaitu untuk mengobati dan menghilangkan panu secara alami. Timbulnya panu pada kulit tubuh kita sangat merugikan kesehatan, karena disamping membuat kulit kita gatal panu juga membuat kita tidak nyaman ketika kita keluar rumah banyak orang yang memperhatikan, sehingga membuat kita malu.

Panu adalah sebuah penyakit kulit yang hampir setiap orang pernah mengalaminya. Panu adalah sejenis bakteri yang menyerang kulit yang sering mengendap pada bagian tangan, punggung, bahu, leher dan wajah. Gelaja panu terkadang menimbulkan bercak putih pada kulit dan apabila tidak di obati akan menjalar ke seluruh bagian tubuh. Panu juga bisa menular ke orang lain, maka alangkah baiknya jika anda menderita penyakit panu segeralah mengobati dan mengatasinya. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi panu, anda bisa menngunakan cara alami menghilangkan panu.

8 Cara Alami Menghilangkan Panu Dengan Cepat

Cara Alami Menghilangkan Panu Dengan Cepat


Berikut ini adalah penyebab timbulnya panu dan cara mencegahnya serta cara mengobatinya :

Penyebab timbulnya panu

Berikut ini beberapa faktor yang mengakibatkan timbulnya panu, antara lain :

1. Keluarnya keringat yang berlebihan yang kemudian mongering sehingga menimbulkan rasa lengket pada kulit.
2. Kebersihan jasmani kurang terjaga, seperti jarang mandi atau ganti baju.
3. Sering bergantian handuk atau pakaian lainnya dengan sesama sehingga tertular penyakit panu.

Mencegah timbulnya panu

Anda bisa melakukan cara sederhana untuk mencegah timbulnya panu pada kulit, antara lain :

1. Usahakan mandi sehari 2 kali
2. Sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan pakaian atau handuk bersamaan
3. Setelah menggunakan handuk jemurlah sesegera mungkin
4. Jika ada pakaian yang kotor cucilah sesegera mungkin
5. sering seringlah mengganti pakaian anda
6. simpan dan gantung pakaian anda pada tempat yang kering

Cara mengobati dan menghilangkan panu secara alami dan efektif

1. Kunyit
Anda bisa memanfaatkan kunyit untuk mengobati panu, caranya parut kunyit lalu campur dengan garan dapur setelah itu gosokan pada kulit yang terinveksi panu.

2. Lengkuas
Lengkuas juga bisa mengobati panu sama halnya seperti kunyit, cara menggunakannya juga sama dengan kunyit.

3. Bawang putih
Bawang putih memiliki berbagai manfaat, salah satunya yaitu untuk mengobati panu. Caranya yaitu dengan mengiris bawang putih lalu tinggal gosokan pada kulit yang terkena panu. Lakukan terus menerus supaya bakteri pada jamur mati

4. Belimbing wuluh dan kapur sirih
Belimbing wuluh sangat efektif untuk mengobati jamurr, caranya yaitu tumbuklah belimbing wuluh lalu campurkan dengan kapur sirih setelah itu oleskan campuran tadi ke kulit yang ada panunya, biarkan sampai kering setelah itu bilaslah dengan air bersih.

5. Daun pare
Anda bisa memanfaatkan daun pare yang masih mudah, terutama pucuknya. Caranya yaitu haluskan pucuk daun pare lalu campur dengan kapur sirih setelah itu gosokan campuran tersebut pada daerah yang terjangkit panu.

6. Jeruk nipis dan belerang
Jerik nispis mengandung vitamin C serta mineral belerang dapat membunuh kuman dan jamur yang ada pada panu. Caranya yaitu dengan menumbuk belerang sampai halus lalu campur dengan air jeruk nipis setelah itu oleskan campuran tersebut pada panu kulit. Lakukanlah 2 sampai 3 kali dalam sehari.

7. Daun lencua
Caranya yaitu campurkan pucuk daun lencuan dengan garam Kristal lalu bungkuslah dengan daun pisang setelah itu kukus sampai matang. Setelah selesai maka gosokan pada kulit yang terjangkit panu

8. Kulit pohon pinang
Anda bisa menggunakan kulit pohon pinang untuk mengobati pani, caranya yaitu dengan menyerut kulit pohon pinang dengan pisang yang masih hijau. Lalu gosokan serutan tersebut pada kulit yang terjangkit panu.

Baca juga : 10 cara mengobati sariawan secara alami

Apabila anda memang sangat perduli dengan penampilan ada baiknya jika anda tidak membiarkan panu menghampiri anda. Maka jagalah kebersihan tubuh anda dan segeralah obati jika anda terjangkit penyakit panu kulit. Itulah tadi 8 cara alami menghilangkan panu dengan cepat. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda dalam mengatasi panu yang anda derita, sekian terimakasih.

Share this:

Disqus Comments