7 Cara Ampuh Meningkatkan Kadar Hormon Testosteron

Informasi kesehatan – Peran testosteron didalam tubuh bermacam macam kadarnya, ada yang rendah, sedang dan ada juga yang tinggi. Jika anda sering merasakan lelah, tertekan dan sulit untuk berkonsentrasi maka kemungkinan besar anda termasuk salah satu di antara puluhan juta orang di dunia ini yang memiliki kadar testoteron rendah.

Didalam ilmu biologi testoteron merupakan sebuah hormon stereoid dari kelompok androgen yang memegang sebuah peranan penting bagi kesehatan entah itu pria atau wanita. Menurut rata rata kadar testosteron pria dewasa menghasilkan sekitar 20 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan wanita. Pada usia muda kadar testosteron akan berada di titik tertinggi dan akan menurun ketika seseorang sudah memasuki usia 30-an.

Testosteron  bertanggung jawab terhadap fungsi seksual, selain itu testoteron juga mempunyai peran penting dalam menjaga otot dan tulang agar selalu tetap kuat serta menjaga lemak agar tetap terdistribusi secara merata di dalam tubuh. Rendahnya tingkat testoteron bisa menyebabkan perubahan fungsi sesksual, penurunan masa otot, kepadatan tulang dan berbagai masalah kesehatan lainnya termasuk peningkatan kolesterol jahat.

Banyak seklai suplemen yang bisa meningkatkan hormon testosteron dan sudah ada selama bertahun tahun, tetapi masyarakat masih ragu akan efek samping untuk jangka panjang. Apalagi bagi penderita kanker prostat sangat tidak baik dan sudah diperingatkan untuk tidak mengkonsumsi suplemen tersebut. Ada kabar baiknya cara aman untuk meningkatkan kadar testosteron dengan cara ampuh dan alami serta aman .


7 Cara Ampuh Meningkatkan Kadar Hormon Testosteron


Cara Ampuh Meningkatkan Kadar Hormon Testosteron


Berikut ini 7 cara ampuh untuk meningkatkan kadar hormon testosteron secara alami :

1. Menurunkan badan
Lemak tubuh yang terlalu berlebihan akan menurunkan kadar testosteron dan hal tersebut akan berfokus dalam bentuk lemak perut. Ada sebuah study menemukan bahwa 40% dari pria obesitas mempunyai kadar testosterone yang sangat rendah. Ada juga study lainnya menemukan bahwa 75% pria yang sangat gemuk sekali baik itu muda maupun tua diketahui bahwa mereka memiliki kadar testosteron yang sangat rendah. Maka dari itu solusi yang tepat untuk meningkatkan kadar testosteron yaitu dengan cara menurunkan berat badan.

2. Tingkatkan asupan vitamin D
Vitamin D sebenarnya juga merupakan hormon. Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa laki laki mempunyai kadar vitamin D yang tinggi mereka mempunyai kadar testosteron yang tinggi pula dibandingkan dengan laki laki yang mempunyai kadar testosteron yang rendah.

3. Minum kopi
Minuman kopi selain dapat memberi sentakan energy, kafein juga dapat meningkatkan kadar testosteron. Sebuah study menemukan bahwa meminum lima cangkir kopi segari selama satu bulan diketahui bisa meningkatkan rasio testosteron menjadi estrogen hampir sebanyak 200% pada laki laki yang yang memiliki berat badan lebih meskipun memiliki efek yang tidak tahan lama. Tetapi alangkah baiknya apabila anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila ingin mengkonsumsinya.

4. Mengatasi stres
Jika seseorang mengalami setres tubuhnya akan melepaskan sebuah hormon  stres kortisol dalam jumlah yang besar. Dari hal tersebut maka dapat menghambat peran dari hormon testosteron. Ketika kadar kortisol tetap tinggi sebagaimana yang di alami orang dalam kesadaan stres maka kemampuan untuk memproduksi isebuah hormone testosteron akan semakin sulit. Seiring menurunnya tingkat stres hormone kortisol akan berkurang .

5.Tidur yang cukup
Ada sebuah penelitian di belanda yang menemukan bahwa pria yang berusia lanjut dapat menaikan kadar testosteron dengan cara tidur malam yang cukup. Apabila mereka tidur cukup lama maka semakin banyak pula hormone testosteron yang beredan didalam darah mereka. Apabila terlalu sedikit tidur maka dapat menurunkan kadar testosteron. Sebuah study menemukan apabila kurang tidur sela seminggu maka dapat menurunkan kadar testosteron hingga mencapai 15%.

6. Olahraga
Olahraga dapat meningkatkan kadar testosteron dan dapat menjaga kebugaran tubuh. Banyak study menemukan berbagai penelitian tentang manfaat olahraga, yakni olahraga yang teratur akan menambah dan meningkatkan kadar hormone testosterone. Namun jika anda melakukan olahraga yang terlalu berlebihan maka efeknya akan buruk dan dapat menurunkan kadar testosteron sebesar 40%.

7. Makan kacang
Memakan jenis kacang kacangan dapat meningkatkan kadar testosteron. Ada beberapa study menemukan bahwa pria yang memakan makanan yang mengandung lemak tinggi tak jenuh tunggal diketahui memiliki kadar testosteron yang sangat tinggi dan hal tersebut terdapat pada makanan kacang kacangan. Kadar asam asparat (1 dari 20 asam amino penyusun protein) yang sangat tinggi di dalam kacang kacangan tersebut bisa meningkatkan produksi hormone testosteron dan dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Baca juga : 6 cara meredakan sakit tenggorokan

Itulah tadi informasi mengenai 7 cara ampuh meningkatkan kadar hormon testosteron yang dapat anda pahami. Semoga artikel seputar kesehatan  ini bisa membantu anda dalam mencari solusi untuk meningkatkan kadar testosteron yang anda alami. semoga bermanfaat, sekian terima kasih.

Related Posts: