5 Tanda Tanda Awal Pada Kehamilan

5 Tanda Tanda Awal Pada Kehamilan

Tanda awal kehamilan – kehamilan adalah sebuah periode yang terjadi pada wanita dimana wanita tersebut membawa embrio kedalam rahimnya. Bahkan setiap wanita mempunyai pengalaman berbeda beda tentang gejala yang timbul yang dialami dengan kehamilannya. Bahkan mereka juga mengalami hal yang berbeda pada jehamilan pertama dan kedua. Sering sekali wanita yang sedang hamil tidak menyadari tentang gejala awalnya, karena gejala tersebut mirip dengan gejala setelah menstruasi dan sebelum menstruasi.
Nah pada kesempatan kali ini informasi kesehatan akan membahas tentang gejala awal kehamilan yang paling umum. Namun gejala berikut ini bisa juga disebabkan oleh hal lain selain kehamilan. Namun apabila anda mengalami salah satu dari beberapa gejala berikut ini, bukan berarti anda sedang hamil. Apabila anda ingin mengetahui anda sedang hamil maka anda bisa melakukan tes kehamilan agar mendapatkan data yang akurat dan positif. Agar anda tidak penasaran tentang tanda tanda kehamilan, berikut ini informasi mengenai tanda awal kehamilan.

5 Tanda Tanda Awal Pada Kehamilan


Tanda Tanda Awal Pada Kehamilan


Inilah tanda tanda awal bagi seorang wanita yang sedang hamil, antara lain :

1. Bercak dan Kram Perut

Salh satu cirri dari tanda kehamilan adalah bercak dan biasanya kram, hal tersebut karena pembuahan pada sel telur sehingga menempel pada dinding rahim. Setelah sel telur dibuahi selama 6 sampai 12 hari maka akan terjadi pendarahan implantansi. Saat terjadi gejala kram hampir sama dengan kram menstruasi, sehingga wanita berpikiran gejala tersebut hanyalah gejala menstruasi. Namun kram dan pendarahan yang dialami tidak sebanyak ketika sedang menstruasi.

Gejala yang terjadi bukan hanya pendarahan, karena menebalnya dinding vagina akibat pembuahan maka vagina akan mengeluarkan berupa cairan putih susu. Gejala tersebut bukan akan dialami oleh wanita hamil dan bukan gejala keputihan. Hal akan terjadi Sepanjang kehamilan dan tidak berbahaya bagi kesehatan, anda tidak perlu khawatir. Namun jika terasa gatal, terbakar atau berbau maka segeralah memeriksakan kondisi ini kepada dokter agar segera ditangani dan mengetahui apa penyebabnya.

2. Perubahan Pada Payudara
Tanda awal kehamilan berikut ini adalah perubahan pada payudara yang terasa sakit, bengkak, terasa lembek, berat, penuh. Hal tersebut dikarenakan berubahnya hormone pada wanita setelah pembuahan. Selain itu daerah pada sekitar puting juga akan menggelap. Namun perubahan pada payudara juga bisa di sebabkan oleh hal lain. Tetapi jika perubahan payudara di akibatkan oleh gejala kehamilan maka tubuh akan terbiasa pada bebrapa minggu.

3. Kelelahan
Pada masa kehamilan akan mengalami tubuh merasa sangat lemah, hal tersebut wajar dan normal. Pada kehamilan minggu pertama seorang wanita akan merasakan cukup luar biasa. Kejadian ini sangat berhubungan erat dengan level progesterone pada tubuh wanita. Selain itu hal lain yang menyebabkan lelah yaitu meningkatnya produksi darah, tekanan darah rendah dan rendahnya kadar gula dalam darah. Sangat penting sekali untuk beristirahat apabila kelelahan yang terjadi tersebut akibat kehamilan.

4. Morning Sickness Atau Mual

Salah satu gejala kehamilan yang paling terkenal adalah mual. Namun bagi mereka yang tidak mengalaminya sangat beruntung sekali. Mual yang terjadi disebabkan oleh pengosongan perut yang di akibatkan oleh kadar hormone pada wanita, sehingga terjadilah mual. Selain itu hal yang di alami oleh wanita hamil yaitu ngidam atau keinginan yang berlebihan pada suatu makanan tertentu. Hal tersebut akan dialami oleh wanita hamil sepanjang kehamilan.

5. Terlambat Mentruasi Atau Tidak Menstruasi
Gejala awal paling jelas ketika kehamilan yaitu terlambatnya menstruasi. Namun hal tersebut juga bukan berarti hamil karena telambatnya menstruasi juga disebabkan bebrapa hal, antara lain kelelahan, stress, hilangnya berat badan. Selain itu pada masa kehamilan juga akan mengalami pendarahan. Untuk lebih jelasnya anda bisa ke dokter untuk memeriksa kondisi pendarahan tersebut, apakah membahayakan atau tidak.

Baca juga : 11 bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita

Itulah tadi 5 tanda tanda pada awal kehamilan yang terjadi pada wanita. Namun alangkah baiknya untuk memeriksakan ke dokter agar mengetahui dengan pasti. Itulah tadi yang bisa anda ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua, sekian terimakasih.

Share this:

Disqus Comments