Kenali Ciri Ciri Gejala Penyakit Asam Lambung

Kenali Ciri Ciri Gejala Penyakit Asam Lambung

Asam Lambung Tinggi – Asam lambung adalah sebuah penyakit yang menyerang pencernaan dan kandungan asam pada lambung meningkat melebihi batas normal. Seseorang yang megalami penyakit asam lambung akan mengalami beberapa gejala yang ditimbulkan dan membuat mereka menjadi tidak nyaman. Oleh sebab itu informasi kesehatan sangat menganjurkan untuk menjaga tingkat asam lambung agar tetap normal dengan cara pola hidup sehat. Makanan yang kita makan sangat berpengaruh pada tingkat asam lambung, pasalnya asam lambung menjadi naik karena faktor kadar lemak pada protein makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Fungsi dari asam lambung adalah membunuh bakteri penyakit yang ada pada makanan yang kita konsumsi. Selain itu asam lambung juga mempunyai tugas untuk mensetabilkan zat gula dari penguraian sebelumnya dan berfungsi untuk merangsang produksi enzim pencerna protein. Maka dari itu asam lambung sangat berperan aktif bagi kelangsungan semua makanan yang masuk kedalam tubuh kita. Penyakit asam lambung sangat berbeda dengan penyakit maag meskipun memiliki penyebab yang sama. Asam lambung bisa menimbulkan rasa terbakar pada dada sedangkan penyakit maag terjadi karena iritasi pada organ lambung dan saluran cerna.

Kenali Ciri Ciri Gejala Penyakit Asam Lambung


Gejala Penyakit Asam Lambung Tinggi


Inilah cirri cirri dari seseorang yang mengalami gejala penyakit asam lambung tinggi, diantaranya :

1. Timbulnya rasa terbakar di bagian dada
Penyakit asam lambung terjadi dimana kondisi dari daerah asam lambung akan naik menuju kerongkongan hingga ke bagian mulut. Dari hal tersebut akan menimbulkan rasa panas dan terbakar pada daerah yang dilewati oleh asam lambung, terutama pada bagian dada dan rongga dada.

2. Rasa nyeri dan perih pada perut
Gejala penyakit asam lambung akan memberikan rasa perih dan nyerih pada bagian lambung, hal tersebut diakibatkan oleh konsumsi jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik pada tubuh anda. maka hindarilah maknan yang bisa membuat asam lambung anda naik.

3. Perut menjadi kembung dan mual
Naiknya asam lambung akan mengakibatkan perut menjadi terasa mual, hal tersebut akan muncul ketika adanya rasa nyeri dan perih pada bagian lambung di dada. Karena naiknya asam lambung maka bagian lambung akan terasa kembung, serta mual yang terjadi diakibatkan oleh konsumsi makanan yang memiliki sifat asam.

4. Mengalami muntah muntah
Muntah yang diakibatkan oleh asam lambung disebabkan oleh faktor makanan yang dikonsumsi dimana makanan tersebut mengandung kadar asam yang cukup tinggi. Muntah yang terjadi juga berbeda dengan muntah biasa, karena sebelum muntah akan mengalami gejala reflux.

5. Sering bersendawa
Ketika asam lambung naik maka akan sering mengalami sendawa yang berulang ulang, hal tersebut karena naiknya asam lambung menuju kerongkongan hingga ke mulut. Gejala sering bersendawa terkadang juga disertai dengan rasa mual.

6. Mulut terasa pahit
Efek yang terjadi ketika asam lambung naik yaitu mulut akan terasa pahit, dimana asam lambung naik hingga ke mulut akibat gejala reflux sehingga zat asam tersebut akan menimbulnkan efek rasa pahit pada mulut.

7. Menelan makanan menjadi sulit
Asam lambung yang naik ke tenggorokan akan menyebabkan menelan makanan menjadi sulit, karena tenggorokan pada penderita asam lambung mengalami benjolan benjolan yang bisa menghalangi proses tertelannya maknanan yang menuju ke lambung.

8. Bau mulut menjadi tidak sedap
Asam lambung yang naik ke mulut menyebabkan rongga mulut terasa pahit sehingga bau mulut akan timbul dengan rasa tak sedap, karena sifat asam dapat merusak bau mulut yang diakibatkan oleh asam lambung.

9. Produksi air liur meningkat
Gejala asam lambung yang naik akan menyebabkan air liur menjadi bertambah meningkat, hal tersebut diakibatkan oleh proses pembersihan iritan  iritan yang berada di lambung, sehingga air liur akan muncul berlebihan.

Baca juga : Cara alami mengatasi dan mengobati sakit kepala

Itulah tadi keterangan mengenai gejala penyakit asam lambung yang meningkat yang bisa anda pahami. Semoga artikel tentang kenali cirri cirri gejala penyakit asam lambung bisa bermanfaat untuk anda semua dan memberi informasi yang akurat, sekian terimakasih.

Share this:

Disqus Comments