10 Jenis Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak

10 Jenis Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak

Tips sehat – Pada kesempatan kali ini informasi kesehatan akan membahas tentang jenis makanan yang baik untuk kecerdasan otak. Dikarenakan apa yang sehari hari kita makan sangat berperan penting sekaligus bisa menetukan kesehatan dan kecerdasan otak. Banyak jenis makanan tetapi ada beberapa jenis tertentu yang bisa mengoptimalkan fungsi otak. Jenis makanan makanan tersebut juga dapat membantu mencegah macam macam penyakit menurut medis. Jenis makanan ini juga bisa dibuat untuk diet karena kaya akan nutrisi dan bisa membuat otak berenergi dan tetap dalam kondisi sehat.

Otak adalah salah satu organ vital yang amat sangat penting bagi kehidupan manusia. Fungsi otak yaitu mengatur sebagaian besar orga yang ada didalam tubuh. Sebagai pusat sistem saraf , otak juga berkaitan erat dengan daya pikir dan kemampuan kognitif. Oleh sebab itu otak harus dijaga dengan baik agar tetap dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu otak sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dari makanan yang idi konsumsi sehari hari.


10 Jenis Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak


Jenis Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak


Berikut ini adalah 10 jenis makanan yang sehat dan bergizi serta bisa meningkatkan kekuatan dan kecerdasan otak :

1. Salmon
Salmon adalah ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat berperan penting untuk pertumbuhan serta perkembangan fungsi otak. Akhir akhir ini ada penelitian yang menunjukan bahwa seseorang yang sering mendapatkan banyak asupan asam lemak omega 3 akan memiliki pemikiran yang lebih tajam dan memperoleh hasil yang sangat memuaskan pada uji kemampuan.

2. Telur
Jenis makanan yang satu ini sudah banyak dikenal orang, telur adalah makanan yang mudah didapat dan harganya juga cukup terjangkau. Tekur banyak sekali mengandung protein, walaupun mengandung kolesterol pada bagian kuning telur sangat kaya akan kolin. Kolin adalah suatu zat yang bisa membantu berkembangnya memori daya ingat.

3. Selai kacang
Kacang adalah sumber makanan yang banyak sekali mengandung vitamin E dan antioksidan yang sangat berperan dalam melindungi membran sel saraf. Vitamin E juga membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energy pada manusia.

4. Gandum murni
Didalam ilmu kesehatan otak sangat membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang bersifat stabil dan konstan. Pada jenis makanan gandum murni ini bisa untuk mendukung kebutuhan itu. Pada kandum murni terdapat serat yang bisa membantu untuk mengatur pelepasan glukosa yang terdapat didalam tubuh. Gandum juga memiliki kandungan vitamin B yang berfungsi dalam memelihara kesehatan sistem saraf didalam tubuh.

5. Oat
Makanan oat atau juga bisa disebut oatmeal yaitu sejenis makanan sereal yang begitu popular di kalangan anak anak. Oat atau oatmeal merupakan makanan yang memiliki sumber nutrisi penting untuk otak. Oatmeal mampu menyediakan energy untuk otak yang sangat penting dan diperlukan untuk anak anak dalam mengawali sebuah kegiatan ketika pagi hari. Oat juga memiliki kandungan vitamin B, vitamin E, seng dan potassium yang berfungsi membuat tubuh dan otak menjadi kondisi prima.

6. Buah berry
Kandungan pada buah berry banyak sekali mengandung nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan. Buah berry banyak macamnya, seperti stroberi, blackberry, blueberry, raspberry. Buah berry memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C pada buah berry memiliki fungsi sebagai pencegah kanker. Biji buah berry mengandung asam lemak omega 3 dan bisa memperbaiki daya ingat.

7. Kacang kacangan
Makanan kacang kacangan merupakan makanan yang sangat spesial dikarenakan memiliki segudang energy yang berasala dari protein dan karbohidrat kompleks. Kacang juga merupakan sumber serat, vitamin dan mineral. Kacang juga dapat memberikan energy lebih lama dan bisa membantu kemampuan berfikir untuk anak anak.

8. Sayuran berwarna
Macam macam sayuran berwarna yaitu bayam, wortel, ubi jalar, labu dan tomat. Makanan tersebut sangat kaya akan nutrisi dan antioksidan yang bisa membuat sel sel pada otak menjadi lebih sehat dan kuat.

9. Daging sapi
Daging sapi adalah salah satu makanan yang sangat kaya akan zat besi. Fungsi dari zat besi tersebut yaitu untuk membantui anak anak berkonsentrasi dan tetap memiliki energy ketika disekolah karena memiliki mineral esensial. Daging sapi juga mengandung mineral lain seperti seng yang bisa membantu menjaga daya ingat agar semakin kuat.

10. Susu dan yogurt
Jenis makanan dari produk susu banyak mengandung vitamin B dan protein. Dari kedua jenis nutrisi ini sangat membantu untuk pertumbuhan jaringan pada otak, enzim serta neurotransmitter. Selain itu susu dan yogurt juga bisa membuat perut menjadi kenyang dikarenakan terdapat kandungan karbohidrat dan protein, sekaligus bisa menjadi sumber energy untuk otak.

Baca juga : 7 manfaat minum air putih dipagi hari

Itulah tadi jenis makanan yang bisa membantu untuk kecerdasan otak yang bisa anda pelajari. Semoga artikel tentang 10 jenis makanan terbaik untuk kecerdasan otak bisa bermanfaat serta membantu anda dalam mencari solusi tips makanan sehat dan bergizi. Banyak sekali manfaat yang bisa di ambil dari artikel diatas. Sekian terimakasih.

Share this:

Disqus Comments