5 Gejala Fisik Tanda Tingginya Kadar Kolesterol

5 Gejala Fisik Tanda Tingginya Kadar Kolesterol

Gejala fisik tanda tingginya kadar kolesterol – Begitu pentingnya menjaga kesehatan terutama dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Hal tersebut sebagai upaya untuk mencegah datangnya berbagai macam penyakit terutama penyakit jantung serta penyumbatan dalam darah. Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh kita biasanya bisa dilakukan dengan pemeriksaan tes darah di laboratorium. Apabila pemeriksaan sederhana maka bisa memberitahukan hasil tes angka kolesterol total, jika pemeriksaan tersebut secara kompleks maka akan banyak mendapatkan berbagai informasi tambahan seperti HDL (kolesterol baik), LDL (kolesterol jahat) dan lemak darah atau trigleserida. Untuk bisa memantau kesehatan tubuh secara keseluruhan maka sebaiknya melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara berkala.


5 Gejala Fisik Tanda Tingginya Kadar Kolesterol


Gejala Fisik Tanda Tingginya Kadar Kolesterol


Disisi lain ada beberapa tanda tanda fisik tertentu yang bisa diamati untuk mendeteksi tingginya kadar kolesterol. Berikut ini beberapa gejala yang mengindikasikan tingginya kadar kolesterol dalam darah, antara lain :

1. Sering mengalami kesemutan
Kesemutan yang terjadi pada bagian tangan dan kaki adalah suatu implikasi dari tidak lancarnya aliran darah pada bagian tubuh tertentu. Hal tersebut berkaitan dengan beberapa saraf yang tidak mendapatkan aliran darah. Maka dapat dipastikan hal tersebut dikarenakan  aliran darah menjadi kental akibat dari tingginya kadar  kolesterol yang ada dalam darah.

2. Tangan dan kaki sering pegal
Akibat penumpukan kolesterol yang tinggi maka pembuluh darah pada tangan dan kaki akan tersumbat. Penumpukan ini pada umumnya terjadi secara berkala, terus menerus dan akibatnya membuat tangan dan kaki akan terasa pegal.

3. Tengkuk dan pundak terasa pegal
Apabila tengkuk dan pundak terasa pegal adalah salah satu implikasi dari tidak lancarnya aliran darah pada pembuluh darah di area tersebut. Tidak lancarnya darah tersebebut juga diakibatkan oleh adanya penyumbatan pada pembulu darah karena tingginya kadar kolesterol.

4. Dada sebelah kiri terasa nyeri
Pada sekitar area dada sebelah kiri sangat berkaitan dengan jantung yang berfungsi sebagai pemompa darah. Apabila terjadi penyumbatan pembuluh darah disekitar jantung maka bisa menyebabkan rasa nyeri seperti tertusuk. Akibat rasa nyeri tersebut maka akan terasa sampai kebagian leher. Apabila sering terasa nyeri pada dada maka hal tersebut menjadi sebuah tanda terjadinya serangan jantung. Hal tersebut adalah salah satu tanda bahwa tingginya kadar kolesterol dalam darah.

5. Sering terasa pusing di bagian belakang kepala
Apabila sering merasakan pusing pada bagian belakang kepala, itu dikarenakan oleh tersumbatnya pembuluh darah di area sekitar kepala. Penyumbatan tersebut terjadi dikarenakan kolesterol mulai membentuk plak pada pembuluh darah. Jika terus dibiarkan maka akibatnya pembulu darah bisa pecah dan akan mengakibatkan penyakit stroke.

Itulah tadi informasi mengenai 5 gejala fisik tanda tingginya kadar kolesterol yang bisa anda pelajari, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan memberi informasi seputar kesehatan yang akurat.

Share this:

Next Post
Oldest Page
Disqus Comments