6 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan – Tips Kesehatan

6 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan – Tips Kesehatan

Informasi kesehatan –  Berikut ini informasi kesehatan akan mermbahas tentang cara meredakan sakit tenggorokan. anda mungkin pernah mengalami yang namanya sakit tenggorokan. Ciri ciri dari sakit tenggorokan biasanya tersa serak, gatal, dan nyeri apabila dibuat menelan makanan. Hal tersebut disebabkan dari berbagai macam, mulai dari alergi, virus, bakteri, batuk, hingga merokok. Dari hal tersebut anda pasti sudah memperhatikan cara untuk menanggulangi nyeri tenggorokan tersebut. Bahkan anda pasti akan kedokter untuk memeriksakan sakit tenggorokan tersebut dan mencari obatnya. Namun tidak ada salahnya jika anda mengobatinya sendiri sebelum anda pergi mencari obat ke dokter. Ada banyak cara untuk mengobati sakit tenggorokan yang bisa anda lakukan tanpa harus pergi ke dokter, bahkan secara tradisional maupun modern.

6 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan – Tips Kesehatan


Cara Meredakan Sakit Tenggorokan


Berikut ini ada 6 tips dan cara meredakan sakit tenggorokan yang bisa anda coba dan anda lakukan sendiri untuk mengatasinya, silahkan menyimak :

1. Perbanyak konsumsi cairan
Cara pertama yaitu dengan meminum air putih atau cairan yang lain agar anda selalu terhidrasi. Hal tersebut sangat penting dimana anda sedang mengalami sakit tenggorokan. Cairan dalam tubuh anda harus cukup banyak karena urin dalam tubuh anda agar tetap dalam kondisi baik. Hal tersebut untuk menjaga selaput lendir agar tetap lembab supaya dapat memrangi bakteri ataupun iritasi misalnya seperti alergen, hal tersebut supaya membuat tubuh anda lebih mampu untuk melawan gejala flu. Selain air putih anda juga boleh meminum cairan yang lain, misalnya jus buah yang encer.

2. Berkumur menggunakan air garam hangat
Dari beberapa penelitian telah menemukan hal baru yaitu berkumur dengan air garam hangat yang di lakukan beberapa kali dalam sehari dapat mengurangi pembengkakan pada tenggorokan, mengurangi iritasi atau bakteri dan menghilangkan lendir. Pada umumnya dokter telah merekomendasikan untuk melarutkan garam pada secangkir air hangat dengan takaran garam setengah sendok teh.

3. Memakan permen pelega tenggorokan
Cara berikut ini adalah memakan beberapa permen pelega tenggorokan dalam sehari, hal tersebut dikarenakan dapat merangsang produksi air liur yang berfungsi untuk menjaga tenggorokan tetap dalam keadaan lembab. Permen pelega tenggorokan sangat beda dengan jenis permen yang lainnya , karena permen ini memiliki dan mengandung bahan antibakteri  dan bisa mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan. Anda bisa mendapatkan persemen pelega tenggorokan ini ini apotik dan swalayan sekitar anda.

4. Minum obat batuk sirup
Anda bisa mengkonsumsi obat batuk sirup karena selain mengobati batuk ternyata juga bisa meredakan sakit pada tenggorokan. Obat sirup batuk ini bisa mengobati sakit tenggotokan untuk sementara waktu namun juga cukup efektif untuk mengusir rasa tidak nyaman di tenggorokan. Anda juga bisa membawanya meski dalam keadaan kerja, carilah obat batuk sirup ini yang tidak menyebabkan ngantuk meski anda dalam keadaan kerja.

5. Minum teh
Apabila anda sedikit bosan minum air putih anda juga bisa meminum secangkir teh herbal hangat. Teh herbal ini dapat menawarkan efek yang sangat menenangkan, apalagi  ketika anda mengalami sakit tenggorokan. The herbal juga dapat menangkal infeksi dan dapat memperkuat daya tahan tubuh karena memiliki kadungan antioksidan. Selain itu anda juga bisa memberi tambahan seatu sendok teh madu pada secangkir teh milik anda dikarenakan madu juga memiliki sifat antibakteri yang bisa memperceat kesembuhan.

6. Makan sup ayam
Makan sup ayam dapat membantu kesembuhan pilek dan juga dapat mengurangi sakit tenggorokan. Didalam kaldu sup ayam terdapat kandungan natrium  yang memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu proses sembunya radang tenggorokan. Sup ayam adalah salah satu makanan yang tepat apabila dikonsumsi ketika anda sakit tenggorokan karena sup ayam bersifat cair yang sangat mudah untuk ditelan. Selain hal tersebut sup ayam juga kaya akan akndungan nutrisi yang berfungsi untuk melawan penyakit.

Baca juga : 5 gerakan sederhana meredakan nyeri leher

Itulah tadi 6 cara meredakan sakit tenggorokan yang bisa anda lakukan, namun apabila sakit tenggorokan yang anda derita memang sudah parah dan tak kunjung sembuh maka segeralah pergi kedokter dan berkonsultasilah dengannya. Demikian, Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk anda semua, sekian terimakasih.

Share this:

Disqus Comments