Akibat Jika Mengkonsumsi Mineral Secara Berlebihan

Akibat Jika Mengkonsumsi Mineral Secara Berlebihan

Akibat kelebihan mineral – Pada kesempatan kali ini informasi kesehatan akan membahas tentang akibat tubuh kelebihan mineral, dimana mineral memang penting sekali untuk menompang kesehatan pada tubuh manusia. Apabila tubuh kita mengalami  kekurangan mineral maka tubuh kita akan terasa sangat lemah dan lesu. Namun apabila tubuh juga mengalami kelebihan mineral hal tersebut juga tidak baik untuk kesehatan. Terutama jika kita mengkonsumsi mineral yang tidak alami, hal itu sangat merugikan untuk kesehatan tubuh. Karena mineral yang tidak alami biasanya didapatkan dari makanan dan minuman suplemen. Apabila mengkonsumsi mineral berlebihan sehingga dalam waktu yang cukup panjang maka dapat berakibat pada tubuh sehingga beresiko overdosis.


Akibat Jika Mengkonsumsi Mineral Secara Berlebihan

Akibat Mengkonsumsi Mineral Berlebihan


Apabila anda mengkonsumsi mineral berlebihan maka akan terjadi hal hal seperti berikut ini :

1. Kelebihan zat besi
Apabila kita mengkonsumsi zat besi terlalu berlebihan, melebihi takaran pada umumnya yaitu 25mg/hari maka tubuh kita akan mengalami gejala sembelit, resiko terkena infeksi meningkat, sakit kepala, letih, kerusakan pada hati, pancreas, mual, menebalnya otot jantung dan keracunan pada anak anak.

2. Kelebihan fosfor
Apabila seseorang mengkonsumsi fosfor sampai 3000mg/ hari atau melebihi itu, maka hal tersebut akan menyebabkan kalsium yang ada pada tubuh tidak bisa maksimal.

3. Kelebihan yodium
Apabila sesorang mengkonsumsi yodium terlalu berlebihan, lebih dari 2mg/hari maka akan membuat kulit kering, rambut kering, diare, mulut sakit, muntah, berat badan akan naik, kelenjar savina akan membengkak, ruam dikulit akan muncul, bisa merusak kelenjar tiroid, hingga terjadi menstruasi secara berlebihan.

4. Kelebihan kalsium
Jika seseorang mengkonsumsi kalium lebih dari 2000mg/hari maka akan meningkatkan resiko bermunculnya batu disaluran kemih, adanya gangguan penyerapan untuk zat besi, nyeri di perut, mudah letih merusak kinerja ginjal hingga sembelit, zinc dan magnesium.

5. Kelebihan magnesium
Apabila mengkonsumsi magnesium lebih dari 350mg/hari maka hal itu bisa menyebabkan kesehatan pada tubuh.

6. Kelebihan kalium
Untuk yang satu ini jarang sekali terjadi overdosis kalium, namun apabila ginjal tidak pada kondisi yang baik  hal tersebut dapat mengakibatkan rasa kesemutan hingga menyebabkan otot melemah

7. Kelebihan sodium
Apabila mengkonsumsi sodium secara berlebihan melebihi dari 2300mg/hari maka bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, otot bisa menjadi kram, terus merasa haus, mata akan berkunang kunang, perut akan kembung, terjadi osteoporosis hingga menyebabkan gangguan pada saraf.

8. Zinc
Jiak mengkonsumsi zinc lebih dari 75mg/hari hal tersebut bisa melemahkan fungsi sitem daya tahan pada tubuh, akan cepat mual, terjadi anemia, muncul nyeri dan pendarahan pada perut, kadar kolesterol bisa terganggu hingga tidak stabil dan bisa mengakibtakn pada kelahiran prematur.

Baca juga : 10 obat sakit gigi secara alami dan tradisional

Itulah tadi informasi kesehatan tentang akibat jika mengkonsumsi mineral secara berlebihan yang bisa anda pelajari. Semoga artikel kesehatan ini bisa bermanfaat untuk anda dan memberi informasi yang anda butuhkan.

Share this:

Disqus Comments